Kamis, 27 November 2008

Segway: Kendaraan Alternatif Ramah Lingkungan

Pagi hari ini saya sungguh terinspirasi ketika membaca Radar Bogor edisi hari ini, Kamis, 27 Novmeber 2008. Pada salah satu artikel laporan dari Washington DC yang ditulis Doan Widhiandono, disitu judulnya "Putar-Putar di Ibu Kota Amerika Serikat dengan Menunggang Segway". Melihat fotonya mengingatkan saya ketika menonton film "Agent Cody Banks" yang dimainkan oleh Frank Muniz&Hilary Duff. It was a long time ago and that article reminds me about that again.


Mengingat saya punya pengalaman traumatis dalam berkendara, khususnya menaiki sepeda motor, saya rasa kendaraan personal ramah lingkungan ciptaan Dean Kamen tsb cukup menjadi solusi bagi permasalahan kepadatan lalu lintas dan pencemaran udara. ya walaupun banyak yg pesimis lantaran bentuknya aneh. (lihat gambar) tapi bukan berarti kemampuannya ecek2 lho. Kendaraan yg pabriknya bermarkas di New Hampshire, AS, ini dilengkapi dengan gyroscopic sensors yang membuat segway bisa mencari keseimbangan sendiri.


I personally love the shape of it. Its very aerodynamic and completed by renewable energy's resources. Tapi dari artikel itu juga saya menyadari bahwa kendaraan yg baru muncul sekitar 7 tahun lalu itu harganya tidak murah. Bayangkan, harga kunci kontaknya saja US$ 500 atau sekitar Rp 5,5 Juta!! Wew...sementara ini cuma bisa mengkhayal aja untuk punya Segway. Say masih bisa menyumbang utk lingkungan dgn menjadi pengguna setia kendaraan umum (baca: Angkot) dan terkadang berjalan kaki jika tempat yg dituju masih relatif dekat. Lumayan sambil olahraga juga. Ya siapa tahu in the next 5 years Segway dibanderol dgn harga terjangkau atau saya sudah mampu membelinya. Who knows??
P.S. : utk info lengkap bisa masuk ke http://www.segway.com

Tidak ada komentar: