Selasa, 11 November 2008

A Lucky Bastard's Improvisation

Tepat hari ini sebenarnya saya dan Syska berencana hunting rok hitam demi perlengkapan utk UTS nanti. Tapi mendadak saya dimintai bantuan oleh sepupu Syska, Lala, dlm school projectnya. Awalnya saya sempat ragu2 utk membantunya membuat Chocolate chip cookies. I'm not a bad chef, but I also not a good one. Saya bismillahirrohmanirrohiim aja deh. Selanjutnya di tengah kepanikan yg melanda Syska (nah,bagian ini saya juga jadi ikutan mumet,padahal ini PR nya Lala), saya mengusulkan utk memproses (memasak sekaligus memvideokan pembuatan kue tsb) di rumah saya, krn semua peralatan tersedia dan saya sudah hapal medan, sehingga mempermudah proses pengerjaan. Untungnya sehari sebelumnya bahan2nya sudah dibeli. Sebenarnya kami agak sedikit melenceng dari resep asli alias berimprovisasi. Saya sempat pesimis krn track record saya dlm hal membuat kue kurang terjamin,hehehe....tapi ternyata hasilnya di luar ekspektasi: WE DID IT!! utk seukuran amatiran n begajulan macam kami, hasilnya hampir mencapai perfect. Berikut bahan2 n cara membuatnya.
Bahan-bahan:
150 g mentega tawar
1/4 cangkir brown sugar/palm sugar (kira2 50 g)
1/3 cangkir gula halus (kira2 70 g)
1 kuning telur
1 sendok teh vanilla essence
1,5 cangkir self-raising flour (kami menggunakan Tepung Segitiga Biru merk Bogasari)
1 cangkir chocochip (kira2 200 g), bisa diganti dgn coklat butiran merk Cadbury, walopun ukurannya lebih besar atau kismis. Just be creative ^_~
Cara membuat (a la begajulan tapi berhasil):
1. Siapkan mixer, masukkan mentega tawar, gula halus, palm sugar, dan kuning telur. Nyalakan mixer dan aduk dgn kecepatan sedang. Tambahkan vanilla essence. Hentikan bila adonan sudah tercampur rata.
2. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dlm adonan tadi. Mengaduknya menggunakan spatula, tidak dgn mixer. Kalau mau rasa coklatnya lebih kuat, bisa ditambahkan cocoa powder merk van Houten atau dark cooking chocolate yg sdh ditim terlebih dahulu. Komposisinya kira2 sepertiga adonan. Juga masukkan chocochip.
3. Siapkan loyang persegi datar yg sdh diolesi mentega. Bulat2kan adonan blh menggunakan tangan (harus bersih tentunya!), menggunakan sendok makan biasa atau ice cream scoop. Sama aja sih...ujung2nya jg bulet2 gak jelas. Bisa kita rapihin lagi pas udah di loyang.
4. Nah, utk pematangannya ada 2 pilihan:
- Oven konvensional (oven listrik): panaskan terlebih dahulu, baru masukkan loyangnya
- Oven modern: atur suhunya 180 C
- Panggang kira2 30 menit
5. Jika adonan sudah tdk menempel (tdk lengket lagi), maka sdh bisa dikatakan matang. Angkat dan tiriskan.
Ya ampun....dgn sgala kerepotan yg terjadi, akhirnya kami berhasil. Upload foto2 msh dlm proses krn Syska blm menge-mail saya. C u with the next surprise!!

Tidak ada komentar: