Selasa, 29 Juli 2008

CapoFest 2008: A Total Blast!

Gila…hari Minggu, 27 Juli 2008 was one of the biggest achievments in my life!! Kayanya saya perlahan tapi pasti mulai keluar dari boundaries yg dulu pernah memenuhi otak saya. Well, mungkin sebagian juga saya ciptakan sendiri. I wanna change. Bagian menyedihkannya adalah ketika teman2 saya sesama capoeirista dari Jakarta, Bandung dan sekitarnya datang rame2 sama anggota clubnya, saya cuma dateng berdua sama sobat saya, Nara (thanks mo nemenin n sabar nungguin gue, plus jadi seksi dokumentasi! U’re da best!!). Itupun hanya saya yg sempat menikmati euphorianya secara dekat, karena sobat saya gak bisa ikutan workshop dan open roda disebabkan oleh dia gak bawa abada (baca: celana putih yg dipakai untuk latihan capoeira dan terbuat dari bahan khusus; didesain aerodinamis tapi tetep simpel mengikuti tradisi pemain capoeira zaman dulu) dan masalah finansial. Walopun termasuk menguras kantong (100 ribu ajah…), wew..tapi until now saya masih merasakan impactnya. Saya terbayang2 saat2 saya ditrain buat belajar backflip alias salto ke belakang. It still remains…beneran loh! Gak cuma teknik gimana melakukannya dengan benar, tapi juga pesan Mestre Cabeça+Contra Mestra Guerreira+Professor Tata yg bilang klo ternyata next year mereka datang lagi ke Indonesia, saya harus much better, practice hard n bisa melakukan backflipnya! Bener2 sebuah motivasi yg membakar saya, hohoho….Oh ya, termasuk sensasi yg membuat saya merasa tulang2 ini serasa mau copot dampak pembentukan otot kembali karena setelah 4 bulan vacuum latihan, baru kemarin saya kembali merasakan digembleng abbbiiissssss!!!

Sebenarnya kemarin sempat merasa konyol juga karena kami berangkat terlalu early dari Bogor. Kita start naik bus patas jurusan UKI dari terminal Baranang Siang jam 8.30, padahal workshopnya aja mulai jam 11. Tapi kami berdua mikir takutnya kena macet di jalan atau hal2 insidentil lain kalau kami berangkatnya terlalu nyantai, maka dari itu kami mutusin biarin kepagian dari pada kesiangan. Ternyata alhamdulillah banget selama perjalanan kami ngerasa diberkahin banget. Pas masuk bus yg udah penuh, tiba2 aja ada orang yg berdiri n kasih seat mereka buat kita. Secara, hari gini gitu loh…udah gitu perjalananpun mulus, gak pake macet or apapun itulah. Lanjuuutt…pas nyampe di Plaza Semanggi, ketika melihat sekilas ke jam tangan, ternyata waktu menunjukan pukul 9.30. Wew…1½ jam nunggu mo ngapain gitu loh?! Untungnya Plaza Semanggi itu gede n luas, jadi kami bisa jalan2, cuci mata or apapun itu; yg penting gak bete nunggu. Guess what, ketika kami masuk dari lobby utara yg deket jembatan penyebrangan, begitu masuk ke dalam suasananya hening banget, gerai2, kiosk2; rata2 masih pada tutup. Lampu2pun belum pada dinyalain, baru beberapa aja. Thank God liftnya udah berfungsi jadi kami naik ke lantai 3A, *ting* lift terbuka. Sepi. Sempet muter2 gak jelas lalu menyusuri eskalator yg masih non-aktif dan akhirnya terdampar di lobby barat deket BreadTalk, duduk dan menikmati aroma dari kitchennya BreadTalk, yg sumpah, menggoda iman banget! Tapi semua itu ada hikmahnya. Saya yg emang udah lumayan lama gak ketemu sobat saya sejak SMP n pengen banget ngobrol2 sama dia, akhirnya kesampaian juga di sana. Kami mengobrol sampai puas selama 1 jam, sambil menikmati pemandangan orang2 yg berlalu-lalang di depan kami. Rupanya udah mulai rame. Sampai akhirnya sobat saya ngecengin seorang cowok ganteng yg kliatannya mau fitness (soalnya tempat duduk kami pas terletak di depan fitness center). Wiih…saya akuin emang cowok itu ganteng n keren, tapi kami langsung ilfil pas dia naik eskalator n dadah dgn genitnya sama seorang cowok (juga)! Kami langsung ketawa n udah positif bahwa dia adalah gay.

Tanpa sadar jam di tangan saya menunjukkan pukul 10.30. Akhirnya karena emang udah mulai bosan duduk juga, kami kembali ke lantai 3A n ktemu sama one of my capoeira’s best friends: Dita! Oya plus her boyfriend, Ricky (gak ada yah dendam warisan masa lalu..) Reunian akbar terjadi…(lebay banget yah!) saya juga ketemu sama anak2 Argola: Vivi (thanks udah mau jadi partner praktek movements pas workshop! plus ingetin saya some of basic movements yg kayanya dulu gape bgt, tapi skrg serasa kaya belum pernah belajar), Onne, Bli Verdy (all of your passion are saved in my heart; stigma saya bahwa kamu sombong tuh salah banget deh! Kamu merangkul saya banget yg waktu itu ngerasa alone, grupoless, hehe..). Sesama temen capoeira independent, Perho! Posisi dia, Dita n Sufy gak bakal bisa tergantikan deh! Kitty (Phoenix lucu bgt, tp sayang gue gak bisa nyubit.iih..gemez! Sayang juga gue gak bisa ngeliat lo jogo; blum 40 hari sih…ntar jogonya pas reuni akbar SMUN 6 Bogor angkatan gabungan aja yah*peace..hehe…*), n also Yuki (masih inget kalo gue dari Bogor? Hebaaat!) Sempet diledekin juga pas register buat workshop sama anak2 Sinha Bahia gara2 ngeluarin duit dari tempat credit card, they said: “Bisa kok kalo bayar pake credit card juga, hehehe..” Waduh, isin pisan pokokna mah! Awal2 workshop pemanasannya aja udah manteb banget. Saya ngerasa kalo selama ini di Bogor (di club yg ‘itu’, tentunya.), we’re nothing. Latihan inti jadi berasa kaya pemanasan waktu workshop. So, pemanasan berasa apa dong?? Bengong aja kali yee! Saya akuin ketika workshop sayalah satu2nya capoeirista yg sudah dibatizado tapi basic movementsnya ancur banget. Ngikutin sequences yg diajarin sama Professor Tata yg segitu simpel udah nanya mpe 3x tetep aja bego2 juga. Kepayahan? Pasti! Bersyukur banget cewek2 Argola care banget sama saya, Dita also. Viva meninha! (baca:hidup cewek!). Oh ya…yg saya anggap turning point banget pas lagi break, saya iseng2 mendekat ketika melihat kerumunan temen2 cewek saya yg lagi bercanda2. Oh God, mereka ternyata lagi practice backflip sama Mestre Cabeça! Wow..mana mungkin saya lewatin kesempatan belajar backflip sama seorang mestre?! This is one of something that you can’t buy!! Dengan modal nekat n keberanian yg susah payah saya kumpulin selama 5 menit*halah*, akhirnya sang mestre melihat saya yg mungkin pada saat itu terlihat banget ekspresi mupengnya (baca: muka pengen alias ngiler). Dengan telunjuknya dia menyuruh saya untuk maju dan mencoba. Waduh…semoga gak terjadi apa2…H2C gitu alias harap2 cemas waktu saya berdiri depan mestre dan mulai mengangkat kedua tangan ke belakang sebagai posisi awal. Dengan bantuan tangan ajaib sang mestre, swiiiinnnggg….tubuh saya berputar 360o ke belakang dengan ringan dan mudahnya dan mendarat dengan sempurna! WaaooowWww…amazing! Ternyata bukan saya aja yg merasakan euphoria belajar backflip tersebut, tapii juga temen2 cewek saya. Kita semua pada tepuk tangan jika masing2 berhasil melakukan backflip dan landing perfectly. Bener2 seru. Masa bodoh kalau ada yg mencibir dan menganggap kita kampungan. Feel the sensation, baru lo bisa bilang itu kampungan ato keren!! Saya berani bertaruh kurang dari 5% cewek Indonesia yg mau melakukan gerakan2 extreme seperti backflip yg keliatannya simpel tapi ngeri juga kalo belum siap. Jangankan orang umum, cewek2 yg ikutan capoeira juga belum tentu!

So, 100 ribu itu saya rasa worthed banget. Itu udah plus kaos yg nyaman, kalender+poster keren, materi yg masya Allah efektif banget buat practice n jogo (kali itu khusus ttg jogo benguela, impian saya buat belajat ttg itu!), bisa foto2 sama para expert capoeira, dapet temen baru (Westri, kita serasa jadi kuli bangunan yah gara2 tempat workshopnya kotor banget, hihihi…), ikut open roda+closing ceremony; wiiihh…pokoknya a total blast alias seru banget!!!!!!!!!!!!!!! Saya sebenernya sempet gak enak sama sobat saya yg ketika saya tenggelam dalam aktivitas capoeira jadi serasa asisten pribadi, penonton, plus seksi dokumentasi. Believe me, Nar, lo gak rugi sama sekali. Cuma kebetulan aja lo gak bisa merasakannya dari dekat. Tapi ketemu Aris Indonesian Idol pas di lift jadi berasa worthed ya?? Huehehehe….

Closing ceremonynya bener2 seru. Saya pada saat itu baru merasakan budaya Afro-Brazil yg sesungguhnya! Menyaksikan tarian Samba yg lincah&sexy, Maculele (bermain tongkat seperti stick drum), dan Batucada yg heboh dgn tetabuhan genderang+nyanyian eksotik khas Brazil. Saya sempat heran berkepanjangan pas suatu ketika saya berlatih musik&lagu dengan instruktur saya ‘dulu’. Ketika jeda, saya memberanikan diri bertanya padanya: “Kenapa lagu yg kita nyanyiin tadi kok liriknya beda sama yg di teks n mp3? Truz gimana pengucapan kata2nya yg bener??” Saya rasa wajar jika saat itu saya berada dalam posisi baru 3 bulan berlatih dengan tingkat ingin tahu yg tinggi ttg musik+kebudayaan dalam capoeira. Saya sadar bahwa berasal dari kebudayaan yg berbeda (Brazil), musik&lagu dalam capoeira jelas bukan kesenian yg dapat diasimilasikan (atau bahkan di-samarata-kan) dengan gamelan atau kesenian tradisional Indonesia lainnya. Masing2 kebudayaan suatu negara memiliki ciri khasnya tersendiri. Instruktur saya dengan entengnya menjawab: “Maklum aja…kita kan bukan orang asli sana, jadi susahlah kalo harus sama persis. Kita nyanyi sesuai lidah kita aja.” Sebuah jawaban yg dangkal menurut saya. Seperti tidak ada effort untuk menelusuri kebenarannya. Tentu saja saya bukan tipe orang konvensional yg serba kuno dan kaku. Bahwa segala sesuatu harus sama persis dengan aslinya, textbook or whateverlah. Definitely not. Saya merasa bahwa I need something more than a meanless answer like that. Awalnya saya terima2 saja jawaban tsb, tapi later setelah (lagi2) sharing sama para expert n browsing2 di internet, saya jadi tahu bahwa sikap pelatih saya sebenernya adalah sebuah interpretasi dari sebuah kearoganan dan kemalasan. Memang ternyata tidak harus textbook juga dalam menyanyikan dan memainkan alat musiknya, tapi kita harus dapat menyelami spiritnya (Bli, thanks buat encouragementnya juga about the right path yg saya coba telusuri sekarang). Dan saya baru sadar kalau jawaban dari pertanyaan saya ketika itu adalah bahwa kami bernyanyi&bermusik tanpa spirit. Ini bukan lagi soal tempo atau urutan lirik. Huff.

Wah, kok jadi ngelantur yah?? Walau cuma sehari, semua yg saya dapat membuat saya menjadi kaya akan pengalaman yg selama ini saya impikan dan sebelumnya selalu saja terbentur dengan ‘birokrasi’ buatan pelatih saya yg sangat tidak masuk akal. I could feel the spirit (baik dalam bermusik, bernyanyi, melakukan gerakan2 akrobatik), passion, the energy, the natural expression of Brazilian, spontanities, everything! Sebenarnya semua expert yg saya jumpai pada saat itu benar2 hebat. Tapi saya sangat terkesan dengan:

1. Mestre Cabeça. Selain mengajarkan saya teknik backflip, secara tidak langsung beliau mengajarkan saya keberanian, kesabaran dan ketekunan. It was something that I wouldn’t forget. And…saya rasa beliau adalah mestre yg tertua dalam team expert yg ada pada saat itu, tapi paling humble.






2. Contra Mestra Guerriera. She’s obviously amazing! Saya gak pernah bermimpi bisa ketemu dengan beliau karena selama ini terkagum2 ketika membaca artikel Kompas di Google yg memuat profilnya. Contra mestre adalah sebuah level sebelum menjadi seorang mestre dalam capoeira. Saya rasa beliau termasuk wanita langka dalam dunia capoeira karena setahu saya mayoritas mestre berasal dari kaum adam yg sudah umum. Tapi ini wanita? Wew…saya sempat ngobrol singkat dengan beliau (dengan bantuan translator tentunya, bahasa Inggris beliau terbatas...), saya bilang saya kagum dengan sosok beliau. Gak lama kemudian setelah menangkap kata2 saya via translator, beliau memeluk saya dengan hangat. Beliau berharap next year bisa ketemu lagi dengan saya dan melihat saya harus sudah lebih baik dari sekarang. Kata2 beliau akan senantiasa terpatri di hati saya.


Intinya siihh…pesan2 tersebut menjadi lecutan&motivasi bagi saya untuk train n practice harder. Walaupun harus menembus batasan2 yg ada atau bahkan kadang saya ciptakan sendiri untuk memahami capoeira dgn lebih baik. Ini semua betul2 membuat saya semangat&bergairah dalam menjalani hidup. Berkat event tsb saya jadi terinspirasi untuk mengadakan event yg sama di Bogor. Para capoeirista di Bogor harus mendapat suntikan semangat karena selama ini we’re lack of materials. Dan karena kmaren perwakilannya hanya seorang saya yg kepayahan mengikuti workshopnya, saya rasa itu semua masih belum cukup. Harus ada event yg sama tapi urang2 Bogor harus ngerasain sensasinya, ngerasain spiritnya secara live di Bogor. Pasti rasanya beda banget deh! Well, someday mungkin mimpi ini bisa terwujud. Amin.

















































P.S:

- Rhirie, sayang banget say gak bisa ikutan. Padahal gue berharap banget kita bisa ngerasain axénya bareng2. Next week ikut ke Pakuan yuk! Refreshing gituh…

- Tante cici, thanks udah mau nyempetin dateng n akhirnya kita ktemu juga. Walopun ngobrolnya cuma bentar, tapi aku terkesan banget loh! Akhirnya ktemu juga sama si Jule. Dia yg bantuin aku foto2 sama mestre2nya. Baik banget ternyata. Kapan2 aku pengen juga maen ke Kuningan, kantornya tante.

- Nara, kapan lagi kita seru2an bareng sebelum kuliah klo gak kmaren?! Sayang juga Uphiel gak bisa ikut. Nyesel juga gak bisa beliin kalung berimbau for her birthday’s present.

- Cowok2 arogan, knapa kmaren gak dateng? Padahal kmaren itu salah satu event capoeira terbesar di Indonesia. Jangan bisanya cuma nyombongin sesuatu yg semu n jadi jagoan di kandang sendiri! Kalian belum dianggap apa2 kalo sosialisasi aja males.

Tidak ada komentar: