Kamis, 12 Juni 2008

Eyang..Oh..Eyang..

Hi again!!

Rasanya kesal tapi gak bisa marah juga karena detik2 ketika saya akan mengepost topik ini warnet yg sudah menjadi langganan saya tiba2 connectionnya error. Akhirnya saya harus pindah ke warnet lain yg jaraknya beberapa blok dari warnet biasa. Ribetnya, ketika saya memasuki warnet baru itu saya harus bikin member dulu n bikin konsep2 yg sudah tersimpain baik di otak saya menguap begitu saja. Menyalakan komputernya saja butuh 10 menit, belum registrasi ke komputernya, mengulang account saya yg sudah terbuka, seperti Yahoo Messenger, Yahoo account, Friendster, Capoespaco, blogger...wadoh..rasanya pengen njitak komputernya karena kadang2 suka hang!! tapi eniwei...itu semua tidak akan menyurutkan saya untuk menumpahkan pikiran2 yg telah saya dapatkan semalam sampai gak bisa tidur.

Well, kali ini saya pingin cerita tentang eyang (nenek) saya. Beliau ini sebenarnya wanita yg luar biasa. tapi karna saya ini istilahnya masih 'darah muda, darahnya para remaja...' kami sering bersebrangan pendapat tentang banyak hal. hanya saja kalau jiwa dewasa saya lagi 'ON', kami bisa jadi partner ngobrol yg sempurna. bukan hanya ngobrol saja sih..banyak hal yg sebenarnya kami tak sadari tapi ternyata memiliki perspektif yg sama. Eyang jadi partner ngobrol saya terbaik kedua setelah almarhumah ibu saya. kalau beliau sedang galak saya menjadi sebal sekali dan malas jika diajak berbicara, akhirnya saya malah ngeloyor ketika dinasihati n naik ke lantai atas di mana kamar saya berada; itulah zona nyaman saya. tapi ketika saya memiliki masalah yg sepertinya membuat perut kembung, dada terlalu penuh sesak n otak rasanya tidak bisa digunakan sepenuhnya lagi, saya pasti otomatis akan menumpahkan semuanya padanya. Dengan wajah welas asih n bijaksana, beliau dengan sabarnya mendengarkan keluhan saya; yg kadang berapi2, kadang penuh air mata, atau juga bimbang dan gundah gulana. Ketika saya berceritapun posisi duduknya sedemikian berubah sehingga kita sebagai lawan berbicara merasa dihargai n didengarkan.

Walaupun kadang terkesan cerewet, tapi saya sangat bersyukur karena beliau kerap memarahi saya jika lupa makan. SATU FAKTA TENTANG SAYA: saya punya penyakit maag yg menuju kronis karna kebiasaan saya lupa makan. BENAR2 LUPA, sehingga kadang jika tidak diingatkan saya akan lupa sampai perut ini terasa perih, kembung dan mual. Beliau juga tak bosan2nya mengomentari cara saya menjalani hidup dalam keseharian, bagaimana mengatur pola makan, cara berpakaian, bersih2, urusan rumah tangga, cara belajar, sampai hal yg remeh temeh sekalipun tak luput dari kritikan beliau. kadang kuping ini panas mendengarnya, malas untuk melakukannya. tapi selalu saja penyesalan selalu datang belakangan dan dari situ saya baru menyadari kalau semua kecerewetan beliau adalah benar adanya. untungnya saya bukan termasuk cucunya yg suka ngeyel klo dikasih tau. melawan secara verbal sih tidak, paling ya itu tadi, jika sudah bosan saya bakal ngeloyor ketika dinasehati , hehehe... cucu2nya yg lain yg tidak lain adalah sepupu2 saya terkadang berani membantah dengan kompulsif dan seringkali saya tidak tega ketika wanita serenta itu (tahun ini beliau genap 76 tahun) menerima perlakuan yg kurang sopan dari orang2 yg beliau cintai. tak jarang juga saya nelangsa melihat beliau mengurut dada karna org2 tercinta yg dinasihati balik marah2, berargumen karna penat dgn perkataan2 beliau yg kadang memang saya sendiri juga mengakui kurang masuk akal. dalam hal ini, ini merupakan faktor usia semata. maklumlah jika orang yg sudah uzur mentalnya kadang kembali seperti anak kecil lagi. hal ini yg saya pahami tapi kadang2 susah juga untuk bersabar.

Terus terang saya kagum sekali dengan beliau. Di usia yg genap 76 tahun pada 22 Agustus nanti, belum banyak rambutnya yg memutih, ada yg terlihat mulai keperakan, tapi skitar 60% masih hitam legam. Tubuhnya masih lumayan tegap (walaupun yah...lemaknya juga banyak*maaf,Eyang..tapi ttp sexy khan,hihihi...*). masih energik pula. 2 hari belakangan saya hang out bareng beliau. yaa...walo gak jauh2 amat karna faktor U alias usia tadi. Kebetulan juga saya lagi jadi pengangguran yg gak jlas juntrungannya. Saya diminta menemani beliau ambil pensiun di BRI yg jaraknya lumayan dekat dari rumah. Biasanya beliau ditemani tante saya, tapi karna saya lagi available *halah..kaya apa aja!* pengen jugalah skali2 berbakti pada nenek skaligus jalan2 berhadiah. Wakakakakakakkk..................... kenapa saya bilang begitu?? soalnya nenek saya ini kalau sudah jalan2 pasti mendadak lapar mata (apalagi kalau sudah masuk pusat perbelanjaan), katanya sudah gak kuat, capek, tapi dasar namanya wanita, kalau sudah ngeliat barang bagus tiba2 kakinya jadi lebih lincah dari kancil! Padahal sebenarnya kebanyakan barang yg dibeli tidak terlalu penting seperti topi kerudung (beliau sudah punya hampir selusin), sunglasses (pas belanja sebenernya udah dipake tuh..masih aja ngiler liat yg baru! n ngeliat saya yg juga beli karna emang gak punya) n kue2 buat cemilan di rumah. Saya maklum..sudah puluhan tahun nenek saya jadi ibu rumah tangga murni n menghabiskan masa tuanya di rumah, sampai2 beliau pernah bilang dgn bhs jawa ngoko, "Urip-matiku yo neng omah iki! " yg artinya kurang lebih 'hidup gue kebanyakan habis di rumah', so...wajarlah klo sesekali butuh refreshing. sayang saya blum punya SIM A buat nyetir suzuki carry yg nganggur di rumah, klo ada tuh ya..wuuh..barangkali saya n eyang jalan2 truz tiap hari gak ade matinye!! soalnya tiap hari di rumah cuma ada kita berdua plus pembantu, semua org pada sibuk sama rutinitasnya n gak ada yg bisa nyopirin beliau klo mau pergi2. padahal kadang klo urgent, kaya kontrol ke dokter, suka kesian juga. untung kmaren pas ambil pensiun beliau no problem klo hrus sdikit jalan n naek angkot, bukan mobil nyaman yg berAC. Hebat juga...soalnya BRI tuh letaknya dkt ma pasar n sampe sana masih hruz antre (walopun duduk n berAC gedungnya). Saya harus menuntunnya karna klo berjalan di tempat umum beliau selalu merasa insecure, bukannya gak bisa, n kbetulan a year ago pernah operasi katarak, jadi haruz pke sunglasses n always ngerasa silau.

Oh ya, tadi knapa saya bilang klo jalan2 asma beliau itu berhadiah?? karna kita perginya selepas ambil pensiun,,jadi beliau mendadak royal..sunglasses baru saya aja berkat pemberian beliau, klo gak, mungkin saya harus menunggu bulan depan, maklum..pelajar kere! ^_^ beliau pasti punya keinginan buat beli hal2 yg jd 'most wanted' di rumah..kaya colokan kabel, bel eumah yg udah rusak, pokoknya perhatian banget sama urusan rumah, padahal saya sering bilang sama beliau udah gak usah mikirin itu semua tapi tetep aja keukeuh, namanya juga ibu rumah tangga sejati yah...

waduh..jari2 saya udah mulai kram..masih banyak sebenernya yg pengen saya tulis..mungkin nanti ada part 2. yg jelas saya kadang suka merasa bersalah karna sering menertawakan perilaku beliau yg konyol. heran, sudah umur sgitu kok sense of humornya tinggi banget! mulai dari kesukaannya nonton infotainment sampai sinetron 'Munajah Cinta' yg klo udah nonton sampai tesipu2 sendiri ngeliat aktingnya Baim Wong, juga pas nonton Super Soulmate Show..gimana beliau ngikutin logat2 gaul anak muda yg dilontarkan pembawa acaranya tapi jarang banget bener! Kaya.."Kita?? Elo aja kli gue enggak! " jadi "Kita?? Gue enggak..(diem..,bingung) lo aja tuh!" atau... penggunaan kata secara..., ...gitu loh! wah..jahat juga saya ini klo dipikir2, ngetawain orang tua. tapi nenek saya gak pernah marah, malahan ikut ketawa dgn saya menertawakan kekolotannya. sayang saya gak bisa nyantumin foto beliau yg posenya lagi melet khas anak muda. waktu itu hape saya masih baru n beliau nekat minta foto, sore2 pas baru bangun tidur n saya juga pake daster gembel. Duh, eyang.., eyang...!

Tidak ada komentar: