Sabtu, 30 Agustus 2008

Tips Maag

Wew…gak kerasa bentar lagi kita sebagai umat Islam bakal menjalani puasa di bulan suci Ramadhan. Somehow saya rada was-was. Bukan takut gak bisa nahan godaan (Insya Allah saya mampu, and I’m not a kid anymore yg ngileran tiap liat ada cookies and drinks dikit!). Emosi juga, I guess I can handle it. Tapi saya gak tau pasti apakah lambung saya dapat diajak bekerjasama. Masalahnya akhir2 ini penyakit maag saya sering kambuh dlm interval 2 atau bahkan a week. Sebenarnya memang salah saya sendiri yg pola makannya kacau. Kadang karna masalah makanan bersantan, terlalu banyak roti, atau yg pedas2. Tapi seringnya sih karena saya gak terlalu patuh terhadap jam makan. Kadang makan siang dirapel dgn sarapan atau makan malam ATAU bahkan terlewat sama sekali! What a bad girl….

Tapi sekarang saya perlahan mulai bisa taking control of this unpleasant disease. Mungkin ini bisa berguna bagi yg lain yg susah mengontrol penyakit maagnya.

A. Kenali 3 ciri utamanya
1. Perut terasa mual/kembung
2. Pusing
3. Kerap bersendawa, padahal bukan baru selesai makan

B. Pengobatan bila terlanjur kambuh
1. Minum sesuatu yg hangat (kalau saya biasanya teh, asalkan jgn susu, karna ternyata susu mengandung kalsium dgn kadar tinggi yg dapat menaikkan kadar asam lambung)
2. Minum obat maag yg mengandung antasida yg dikunyah karna reaksinya cepat (bagi saya Mylanta is the best!). kalau saya merasa lebih nyaman dimakan sejam sebelum makan dibandingkan 2 jam sesudah makan karena makan akan terasa nikmat jika kondisi lambung sudah stabil.
3. Untuk sementara konsumsi makanan lembut&lunak juga tdk mengandung santan atau pedas (saya paling suka dgn instant oatmeal yg rasanya hambar, tapi bubur or nasi tim juga okay…kalo mungkin oatmeal rasanya too weird)
4. Jangan terlalu banyak jalan2 or bolak2i kaya setrikaan, soalnya mungkin aja bisa muntah karena kondisi lambung sedang tidak stabil, dan bagi beberapa orang mualnya gak tertahankan. Mending duduk2 or istirahat gitu.

C. Menjaga kestabilan kondisi perut, terutama asam lambung
1. Perbanyak konsumsi sayuran&buah, tapi watchout klo makan kol&semangka, karena berpotensi menghasilkan banyak gas dalam proses penguraiannya di perut
2. Kurangi frekuensi makanan bersantan, pedas, berkafein (para pencinta kopi pasti bakal gigit jari)
3. Konsumsi produk susu olahan seperti yoghurt (supaya jumlah koloni probiotik dlm usus seimbang sehingga lambung gak bekerja terlalu keras), agar2, pudding atau cremé dessert (hehe…sebenarnya ini sih biar perut adem aja, karna kadang kalo asam lambung lagi tinggi2nya suka kerasa panas, plus penambah serat aja yg melapisi dinding organ2 pencernaan,tapi emang esp.lambung)
4. Jadwal makan jgn sampai terlewat, kalaupun terpaksa telat karna waktunya mepet, at least harus punya crackers yg netral (ex: Marie Regal, Jacob’s) buat kunyah2 aja supaya lambung gak kosong banget.
5. Sedia obat maag kunyah always! Kantongin kalo perlu, takutnya di tas suka ketinggalan ato lupa, hehe….
6. Kendalikan emosi, karena jika kita sedang emosi maka hormon adrenalin dalam tubuh meningkat dan memicu naiknya kadar asam lambung.

Finally, hopefully saya bisa menjalankan ibadah puasa dgn lancar tanpa harus ada interupsi dari lambung (cukup karena kodrat wanita yg memang menstruasi tiap bulan, ini baru make sense). That’s all. Marhaban ya Ramadhan!

1 komentar:

Raisya mengatakan...

Makasi mbak tips-nya, saya bener - bener terbantu karena maag saya sering kambuh.